POLA ALIRAN SUNGAI

ada berbagai pola aliran sungai sebagai berikut:
a. Pararel adalah pola aliran yang terdapatpada suatu daerah yang lurus miring sekali, sehingga gradient dari sungai itu besardan sungainya dapat mengambil jalan ke tempat yang terendah denganarah yang kurang lebih lurus. Pola ini misalnya dapat terbentuk pada suatu soastal pain (dataran pantai) yang masih muda yang lereng aslinya miring sekali ke arah laut.
b. Retanguler adalah pola aliran yang terdapat pada daerah yang mempunyau truktur patahan, baik yang berupa patahan yang sesungguhnya atau hanya joint (retakan). Pola ini merupakan pola siku-siku.
c. Angulatadalah pola aliran yang tidak terbentuk sudut siku-siku tetapi lebih kecil atau lebih besar dari 990. Disini masih kelihatan bahwa sungai-sungai masih mengikuti garis-garis patahan.
d. Radial sentrifugal adalah pola aliran pada kerucut gunung berapi atau dome yang baru mencapai stadium muda pola alirannya menuruni lereng-lereng pegunungan.
e. Radial sentripental ada;ah pola aliran pada suatu kawah atau crater dan suatu kaldera dari gunung berapi atau depresi lain yang pola alirannya menuju pusat depresi tersebut.
f. Trelis adalah pola aliran yang terbentuk seperti trails. Di sini sungai mengalir sepanjang lembah dari suatu bentuka antiklin dan sinklin yang parallel.
g. Anular adalah variasi dari radial pattern. Terdapat pada suatu dome atau kaldera yang sudah mencapai stadium dewasa dan sudah timbul sungai konsekwen, subsekwen, resekwen, obsewn.
h. Denditrik adalah pola aliran yang mirip cabang atau akar tanaman. Terdapat pada derah yang batu-batuannya homogeny, dan lereng-lerenya tidak begitu terjal, sehingga sungai-sungai tidak cukup mempunyai kekuatan untuk menempuh jalan yang lurus dan pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar