ARTI PENTING KONSEP DALAM ILMU PENGETAHUAN

Dalam setiap ilmu pengetahuan, terjadi pemilihan gejala-gejala yang akan dipelajari. Tehadap gejala itu, dalam penelitian dilakukan abstraksi. Abstraksi adalah penyederhanaan dengan hanya mengkhususkan analisis pada sifat-sifat tertentu dan mengesampingkan sifat-sifat lain. Sifat-sifat tertentu yang dikesampingkan biasanya adalah gejala-gejala yang nantinya tidak akan menjadi bagian dari objek yang diteliti. Aspek yang dikesampinhkan itu mungkin saja dalam penelitian lain justru menjadi sasaran utama untuk diteliti.
Hal-hal tertentu yang akan menjadi pusat pembicaraan dalam penelitian, harus diberi nama dengan istilah-istilah tertentu. Istilah-istilah yang merujuk pada gejala-gejala atau aspek-aspek yang akan diteliti disebut dengan konsep atau pengertian. Setiap istilah harus diberi pengertian sejelas mungkin. Setelah semua konsep dijelaskan pengertiannya, maka akan menjadi bagian dari bahasa ilmuah, dan menjadi bagian dari perbendaharaan cabang ilmu pengetahuan tertentu.
Konsep-konsep berupa hasil pemikiran para ilmuan. Dengan kata lain, hasil pemikiran dikomuniksikan dengan menggunakan konsep-konsep yang sudah diteria pengertiannya dalam cabang ilmu yang bersangkutan. Sebagai contoh yang sesuai dengan pembehasan dalam bab ini adalah konsep mengenai masyaraka. Dalam sosiologi, konsep masyarakat merupakan salah satu yang paling terpenting si antara konsep-konsep lainnya.
Konsep merupakan lambing dari segi-segi tertentu dalm kehidupan manusia dan di gunakan untuk mengkomunikasikan pikiran-pikiran dan hasil-hasil penelitia dalam ilmu-ilmu pengetahuan. Pengguanaan konsep mempermudah komunikasi karena dengan pengertian singkat, suatu pemikiran yang panjang dan berbelit-belit dapat dilambangkan. Hal itu pihak-pihak yang mangguanakn konsep into mengenai apa yang dilambangkan oleh konsep-konsep tersebut.
Dengan demikian seseorang yang hendak menekuni suatu cabang ilmu tertentu mutlak harus menguasai konsep-konsep yang digunakan dalam ilmu pengetahuan tersebut. Dengan kata lain, jika seseorang ingin mempelajari suatu ilmu pengetahuan, dia harus menguasai conceptuan system (system konsep) yang digunakan dalam ilmu itu. Apabila anda mempeljari sosiologi, salah satu konsep yang anda harus kuasai adalah pengertian masyarakat. Apabila Anda mempelajari antropologi, maka konsep yang terpenting yang harus anda kuasai adalah kebudayaan, dan seterusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar