Perilaku Budaya Demokrasi

a. Menyelesaikan Perselisihan dengan damai dan secara melembaga
Dalam setiap masyarakat terdapat perselisihan pendapat serta kepentingan yang dalam alam demokrasi dianggap wajar untuk diperjuangkan. Perselisihan-perselisihan itu harus dapat diselesaikan melalui perundingan serta dialog terbuka dalam usaha untuk mencapai kompromi, konsensus dan mufakat.
b. Menjamin Terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang sedang berubah
Dalam setiap ,masyarakat yang memodernisasi diri terjadi perubahan sosial, yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti misalnya majunya teknologi, perubahan-perubahan dalam pola kepadatan penduduk dan dalam pola-pola perdagangan. Pemerintah harus dapat menyasuaikan kebijaksanaannya terhadap perubahan-perubahan ini, dan sependapat mungkin membina jangan sampai tidak terkendali lagi. Kalau sampai hal ini terjadi, ada kemungkinan system demokratis tidak dapat berjalan, sehingga timbul sistem ditaktor.
c. Menyelenggarakan Pergantian Pimpinan Secara Teratur
Pergantian atas dasar keturunan atau dengan mengangkat diri sendiri atau melalui kudeta dianggap tidak wajar dalam suatu sistem demokratis
d. Mambatasi Pelakuan Kekerasan Sampai Minimum
Golongan-golongan minoritas yang sedikit banyak akan kena paksaan akan lebih menerima kalau diberi kesempatan untuk turut serta dalam diskusi-diskusi terbukadan kratif. Merekan akan lebih terdorong untuk memberikan dukungan sekalipun bersyarat, karena merasa turut bertanggungjawab.
e. Mengakui Serta Manganggap Wjar Adanya Keanekaragaman dalam Masyarakat yang tercermin dalam Keanekaragaman Pendapat, Kepentingan Serta Tingkah laku.
Untuk hal ini perlu terselanggaranya suatu masyarakat terbuka serta kebebasan-kebebasan politik yang mana akan memungkinkan timbulnya fleksibilitas dan tersedianya alternative dalam jumlah yang cukup banyak. Dalam hubungan ini demokrasi sering disebut sebagai suatu gaya hidup. Tetapi keanekaragaman diperlukan juga persatuan serta intregasi.
f. Menjamin Tegaknya Keadilan
Dalam menegakkan keadilan itu perlu diselenggarakan beerapa lembaga untuk menciptakan suasana seadil mungkin adapun lembaganya adalah :
1. Pemerintah yang bertanggungjawab yaitu pemerintah harus selalu berpedoman kepada peraturan yang belaku untuk mewujudkan cita-cita bangsa
2. Suatu dewan perwakilan rakyat yang mewakili golongan-golongan dan kepantingan-kepantingan dalam masyarakat
3. Suatu organisasi politik yang mencakup satu atau lebih dati satu partai (muliti partai).
4. Pers dan media masa yang bebas untuk menyatakan pendapat
5. Sitem peradilan yang bebas untuk menjamin hak-hak asasi manusia dan mempertahankan keadilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar